Senin, 10 Juni 2013

Situs pertama di dunia

Fisikawan Inggris Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web di CERN pada tahun 1989. Untuk mendokumentasikan proyek ia menciptakan situs web pertama di dunia, info.cern.ch
 
Kelahiran web

 
Berners-Lee WorldWideWeb menjalankan software di CERN pada tahun 1994

Pada Maret 1989, fisikawan Inggris Tim Berners-Lee menulis sebuah proposal untuk mengembangkan sistem informasi terdistribusi untuk CERN fisikawan dan insinyur. Ini menggambarkan cara mengelola informasi tentang akselerator dan eksperimen di laboratorium menggunakan sistem dokumen terkait bersama-sama dan dapat diakses melalui internet. Atasannya, Mike Sendall, menulis "samar-samar, tapi menarik" di sampul proposal, dan, dengan kata-kata, memberi lampu hijau untuk sebuah revolusi informasi.

Berners-Lee melihat struktur kerja CERN sebagai "web" yang interkoneksi berkembang dengan waktu. Besar, proyek kolaborasi di CERN, seperti Large Electron-Positron (LEP), pendahulu dari Large Hadron Collider (LHC) - sejumlah besar dibuat dari informasi yang diperlukan untuk dapat diakses oleh banyak orang. Apa yang dibutuhkan, menulis Berners-Lee, adalah "sebuah kolam informasi yang dapat tumbuh dan berkembang dengan organisasi dan proyek-proyek yang menjelaskan".

0 komentar: