Senin, 10 Juni 2013

Dua puluh tahun yang bebas, terbuka web

Pada tanggal 30 April 1993 CERN menerbitkan sebuah pernyataan yang membuat World Wide Web ("W3", atau hanya "web") teknologi yang tersedia secara bebas royalti. Dengan membuat perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan web server yang tersedia secara bebas, bersama dengan browser dasar dan perpustakaan kode, web diizinkan untuk berkembang.

Fisikawan Inggris Tim Berners-Lee menciptakan web di CERN pada tahun 1989. Proyek, yang Berners-Lee bernama "World Wide Web", awalnya dipahami dan dikembangkan untuk memenuhi permintaan untuk berbagi informasi antara fisikawan di universitas-universitas dan lembaga di seluruh dunia.

Sistem lain pencarian informasi yang menggunakan internet - seperti WAIS dan Gopher - yang tersedia pada saat itu, tapi kesederhanaan web bersama dengan fakta bahwa teknologi itu bebas royalti menyebabkan adopsi dan perkembangan yang cepat.

"Tidak ada sektor masyarakat yang belum diubah oleh penemuan ini, di laboratorium fisika, dari web," kata Rolf Heuer, Direktur Jenderal CERN. "Dari penelitian untuk bisnis dan pendidikan, web telah membentuk kembali cara kita berkomunikasi, bekerja, berinovasi dan hidup. Web adalah contoh kuat cara manfaat penelitian dasar manusia. "

Situs web pertama di CERN - dan di dunia - didedikasikan untuk World Wide Web proyek itu sendiri dan diselenggarakan pada komputer NeXT Berners-Lee. Website menggambarkan fitur dasar dari web, bagaimana untuk mengakses dokumen orang lain dan bagaimana menyiapkan server Anda sendiri. Meskipun mesin NeXT - server web asli - masih di CERN, sayangnya situs web pertama di dunia tidak lagi online di alamat aslinya.

Untuk menandai ulang tahun publikasi dokumen yang membuat teknologi web gratis untuk semua orang untuk menggunakan, CERN memulai sebuah proyek untuk mengembalikan situs pertama dan melestarikan aset digital yang berkaitan dengan kelahiran web. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang proyek dan situs web pertama, kunjungi http://first-website.web.cern.ch

0 komentar: